SILABUS
Matakuliah : Media dan
Teknologi Pembelajaran
Bobot : 3 SKS
Jurusan :
Pendidikan Agama
Islam
Semester :
Ganjil
Dosen : Juhji,
M.Pd
Web-blog : juhji-ilmualam.blogspot.com
e-mail : juhji_alix@yahoo.co.id
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Selesai mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan untuk:
- Menjelaskan tentang konsep dasar media, peranan media, dan kedudukan media dalam pembelajaran PAI
- Memiliki keterampilan dalam merancang media pembelajaran PAI
- Memiliki keterampilan merancang media berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran PAI
Indikator
Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan
mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan:
- Memahami pengertian, peran, dan fungsi media dalam pembelajaran PAI
- Memahami kedudukan media dalam pembelajaran PAI
- Mengelompokkan jenis-jenis media pembelajaran
- Memahami jenis-jenis media pembelajaran PAI
- Memahami analisis wacana dalam teks argumentasi PAI sebagai dasar memahami pembuatan bahan ajar PAI
- Memahami reduksi dikdaktis sebagai dasar dalam mengkontruksi konsep biologi ke dalam sebuah media yang sesuai
- Menyajikan sebuah wacana argumentatif hasil reduksi didaktis
- Memahami peranan media audio visual dalam pembelajaran PAI
- Memanfaatkan potongan gambar dari videotape pada pembelajaran PAI
- Menjelaskan jenis media berbasis computer
- Menjelaskan kelebihan dan kekurangan media berbasis computer
- Memahami pengembangan multimedia berbasis computer
- Merancang media audio, visual, atau multimedia yang tepat sesuai representasikan wacana argumentative yang telah dibuat
- Menjelaskan sejarah internet sebagai media pembelajaran
- Menjelaskan kelebihan dan kekurangan internet sebagai media pembelajaran
- Menjelaskan bentuk pengembangan media berbasis ICT
- Membuat sebuah desain media pembelajaran berbasis ICT /web based learning
- Menjelaskan manfaat blog sebagai media pembelajaran
- Membuat sebuah blog yang dapat digunakan oleh siswa untuk belajar PAI
A. Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah ini
bertujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan pada mahasiswa dalam
mengembangkan media pembelajaran. Pada matakuliah ini diharapkan mahasiswa
dapat memahami dan membuat salah satu media pembelajaran PAI untuk
sekolah/madrasah. Pokok bahasan meliputi kedudukan, pengertian, peran, fungsi,
kegunaan, manfaat, dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran PAI. Selain
itu dibahas pula teknik pengolahan materi subyek berbasis analisi wacana dan
reduksi didaktis sebagai landasan pembuatan materi PAI yang akan
direpresentasikan dalam berbagai media. Materi juga membahas manfaat, peran,
dan penggunaan media berbasis teknologi komunikasi dan informasi.
B.
Materi
1.
Pengantar : kedudukan media dalam pembelajaran PAI
2.
Pengertian, fungsi, peran, kegunaan dan manfaat media
dalam pembelajaran PAI
3.
Jenis-jenis media pembelajaran
4.
Analisis wacana
5.
Pengolahan materi subyek
6.
Representasi wacana argumentatif
7.
UTS
8.
Penggunaan media gambar, video, film, televisi dan VCD
9.
Media berbasis komputer
10. Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia
11. Media berbasis internet
12. Blog sebagai media pembelajaran
13. UAS
C. Teknik Perkuliahan
Ceramah,
penugasan, kooperatif learning, diskusi
D. Referensi
Anwar,
S. (1994). Bahan Kuliah Pengolahan Bahan Ajar. Makalah Kuliah PPS UPI. Bandung: tidak
diterbitkan.
Arief S. Sadiman dkk., Media
Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan
Pemanfaatannya. (Jakarta: Rajawali Pers, 1986)
Arsyad,
N. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Azhar Arsyad, Media
Pembelajaran. (Jakarta: Rajawali Pers, 1997)
Munadi.
(2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
Rob Koper & Colin Tattersall (eds.), Learning
Design (Netherlands: University of Netherlands, 2005)
Sharon E. Smaldino dkk., Instructional Technology
and Media for Learning. (New Jersey: Pearson Education, Inc., 2005)
William W. Lee dan Diana L. Owens, Multimedia-Based
Instructional Design. (San Francisco: Pfeiffer, 2004)
Parungpanjang, Juli 2012
Dosen,
Juhji, M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar