Selasa, Agustus 09, 2016

Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah

Oleh: Juhji

Abstract


Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan hakikat IPA, pembelajaran IPA, dan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Metode penulisan artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan didasarkan pada hasil pengamatan, pengalaman, dan kajian pustaka dari berbagai sumber informasi. Hakikat IPA meliputi empat unsur, yaitu produk, proses, aplikasi dan sikap. Produk dapat berupa fakta, prinsip, teori, dan hukum.
Proses merupakan prosedur pemecahan masalah melalui metode ilmiah; metode ilmiah meliputi pengamatan, penyusunan hipotesis, perancangan eksperimen, percobaan atau penyelidikan, pengujian hipotesis melalui eksperimentasi, evaluasi, pengukuran, dan penarikan kesimpulan. Aplikasi merupakan penerapan metode atau kerja ilmiah dan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari. Sikap merupakan rasa ingin tahu tentang obyek, fenomena alam, makhluk hidup, serta hubungan sebab akibat yang menimbulkan masalah baru yang dapat dipecahkan melalui prosedur yang benar. Pembelajaran IPA di SD/MI dipergunakan metode ilmiah dengan mengembangkan ketrampilan proses dasar untuk SD/MI kelas rendah dan ketrampilan proses terintegrasi untuk SD/MI kelas tinggi. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran meliputi mengamati, menanya, mengasosiasi, mencoba, dan membentuk jejaring/ mengkomunikasikan.

Keywords

Hakikat IPA; Pembelajaran IPA; Pendekatan Saintifik

Tidak ada komentar: