Oleh: Juhji
Abstract
Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan
hakikat IPA, pembelajaran IPA, dan pendekatan saintifik dalam
pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Metode penulisan artikel ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan didasarkan pada hasil
pengamatan, pengalaman, dan kajian pustaka dari berbagai sumber
informasi. Hakikat IPA meliputi empat unsur, yaitu produk, proses,
aplikasi dan sikap. Produk dapat berupa fakta, prinsip, teori, dan
hukum.
Proses merupakan prosedur pemecahan masalah melalui metode
ilmiah; metode ilmiah meliputi pengamatan, penyusunan hipotesis,
perancangan eksperimen, percobaan atau penyelidikan, pengujian hipotesis
melalui eksperimentasi, evaluasi, pengukuran, dan penarikan kesimpulan.
Aplikasi merupakan penerapan metode atau kerja ilmiah dan konsep IPA
dalam kehidupan sehari-hari. Sikap merupakan rasa ingin tahu tentang
obyek, fenomena alam, makhluk hidup, serta hubungan sebab akibat yang
menimbulkan masalah baru yang dapat dipecahkan melalui prosedur yang
benar. Pembelajaran IPA di SD/MI dipergunakan metode ilmiah dengan
mengembangkan ketrampilan proses dasar untuk SD/MI kelas rendah dan
ketrampilan proses terintegrasi untuk SD/MI kelas tinggi. Pendekatan
saintifik dalam pembelajaran meliputi mengamati, menanya, mengasosiasi,
mencoba, dan membentuk jejaring/ mengkomunikasikan.
Keywords
Hakikat IPA; Pembelajaran IPA; Pendekatan Saintifik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar