Sabtu, Juli 23, 2016

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture

Ida Farida, Juhji

Abstrak

Penelitian ini diawali dari munculnya permasalahan dalam pembelajaran IPA di kelas IV MIS Mu’awanah Jatake Pagedangan, yaitu rendahnya hasil belajar IPA. Alternatif pemecahan dari masalah tersebut digunakan pembelajaran picture and picture dalam proses pembelajaran yang terdiri atas 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas.
Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIS Mu’awanah Jatake Pagedangan dengan jumlah peserta didik 25 orang, terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan yang memiliki kemampuan akademik heterogen. Data-data yang diperoleh pada tiap siklus dianalisa dengan cara diban-dingkan dengan data sebelumnya, kemudian dicari persentasenya masing-masing. Selanjutnya data tiap-tiap siklus dicari rata-rata dan persentase ketuntasannya untuk selanjutnya dianalisa secara deskriptif. Rata-rata hasil belajar pada pra siklus sebesar 54,4 dengan ketuntasan belajar 8%, rata-rata hasil belajar pada siklus 1 sebesar 58,0 dengan ketuntasan belajar 20%, dan rata-rata hasil belajar pada siklus 2 sebesar 78,0 dengan ketuntasan belajar sebesar 100%.

Keywords

Hasil Belajar IPA, Pembelajaran Picture and Picture

Full Text:

PDF (Indonesian)
 

Tidak ada komentar: